Ketika AC di rumah tak lagi dingin atau proses pendinginannya tak secepat biasanya, bisa jadi terdapat masalah pada pendingin ruangan Anda. AC yang rusak tidak hanya menimbulkan ketidaknyamanan, tetapi bisa mengganggu kesehatan pernapasan dan memicu alergi.

Sebelum memanggil tukang servis AC, sebenarnya Anda bisa terlebih dahulu mengidentifikasi akar penyebab masalahnya. Dengan mengetahui penyebabnya, teknisi yang datang kemudian bisa melakukan persiapan, tak mengeluarkan banyak biaya, dan proses perbaikan AC selesai lebih cepat.

Selain itu, tak ada salahnya juga Anda mengenal penyebab error-nya AC kesayangan agar mencegah kerusakan sistem dan perangkat yang lebih parah.

Berikut yang bisa Anda lakukan ketika AC rumah terasa tidak dingin.

1. Pastikan ventilasi tertutup
Salah satu hal yang menghambat ruangan lama dingin adalah jendela atau pintu yang belum tertutup rapat. Selain bisa memperlama pendinginan ruangan, membiarkan ventilasi terbuka juga bisa boros listrik.

Apabila kita sering keluar-masuk ruangan, pastikan pintu ditutup kembali. Karena ketika ada pintu atau celah yang terbuka, angin dingin dari AC akan langsung keluar ruangan dan AC akan berusaha menurunkan suhu di dalam ruangan.

Bayangkan jika pintu atau jendela terbuka terus-menerus maka AC akan bekerja mendinginkannya lebih besar dari seharusnya. Membiarkan AC bekerja ekstra akan berimbas pada kerusakan kompresor.

2. Ganti filter
Filter merupakan komponen AC yang harus mendapatkan perawatan rutin dan penggantian berkala. Idealnya filter AC itu harus diganti dengan yang baru setidaknya 2 kali dalam setahun. Tujuannya untuk meringankan kinerja mesin AC sekaligus memperpanjang usia AC.

Ketika filter AC kotor, rusak, atau bermasalah, ruangan membutuhkan waktu lebih lama dari biasanya untuk menjadi dingin. Yang tak kalah penting, memaksa penggunaan AC dengan filter yang rusak akan memengaruhi kualitas udara yang dihasilkan serta bisa memperpendek umur AC.

3. Cek evaporator
AC Anda mungkin menyala dan mengembuskan angin, tetapi suhu ruangan tidak kunjung menjadi dingin. Bisa jadi kumparan evaporator membeku. Untuk mengeceknya, letakkan tangan Anda di sisi unit di dekat tempat filter. Jika terasa sangat dingin, mungkin bagian dalamnya membeku.

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah mematikan AC dan nyalakan kipas untuk membiarkan kumparan evaporator mencair. Selama proses ini, pastikan filter dan koil di sekitar filter bebas debu, sebab debu juga bisa membuat AC membeku.

Apabila Anda sudah mencurigai kumparan evaporator membeku, jangan paksa untuk menghidupkan AC sebab dapat merusak kompresor yang menyebabkan perbaikan yang sangat mahal.

4. Hubungi Service AC Teknik
Ketika Anda sudah mengecek dan mungkin sudah melakukan perawatan sendiri tapi AC masih tidak dingin seperti sebagaimana mestinya, inilah saatnya untuk memanggil teknisi profesional.

Dengan Service AC Teknik, Anda bisa memesan teknisi AC tepercaya untuk datang langsung ke tempat tinggal Anda. Service AC Teknik bermitra dengan serviceacteknik menyediakan teknisi profesional yang memberikan layanan mulai dari cuci AC, perbaikan, bongkar-pasang AC, isi freon, servis rutin, dan sebagainya.

Bahkan untuk meningkatkan layanan dan kenyamanan, jasa perbaikan bisa dijadwalkan kapan pun sesuai keinginan pelanggan tentunya dengan harga yang transparan.

Scroll to Top